SITU PATENGGANG


Situ Patenggan adalah danau yang terletak di kawasan obyek wisata alam di daerah Ciwidey Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia. Situ Patenggang terletak di ketinggian 1600 meter diatas permukaan laut dengan luas area 150 ha, dan luas danau 48 ha , danau ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis akan keindahan alamnya. Kota Bandung  memiliki banyak tempat wisata yang menawarkan pemandangan yang indah beserta legenda-legenda yang menarik  Salah satunya adalah Situ Patenggang.  

Setelah  berada di kawasan wisata ini, kamu bisa menikmati beberapa fasilitas yang ada diantaranya pemandangan eksotis danau situ patenggang, Wahana Perahu sekaligus mengunjungi pulau yang menjadi pelengkap legenda Situ Patengan yaitu Pulau Asmara dan Batu Cinta yang merupakan lokasi tujuan para wisatawan. Konon menurut ceritanya, siapapun yang singgah ke Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara maka akan mendapatkan cinta yang abadi. Hal inilah yang mungkin menjadikan Batu Cinta dan Pulau Asmara menjadi tempat yang membuat wisatawan menjadi penasaran.

Sejarah Situ patenggang, menurut cerita berasal dari bahasa Sunda, pateangan-teangan (saling mencari). Mengisahkan cintau Ki Santang putra prabu siliwangi dan Dewi Rengganis. Mereka berpisah untuk sekian lamanya. Karena cintanya yang begitu mendalam, mereka saling mencari dan akhirnya bertemu di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan "Batu Cinta".Dewi Rengganis pun minta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar bersama. Perahu inilah yang sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati (Pulau Asmara / Pulau Sasaka). Menurut cerita ini, yang singgah di batu dan mengelilingi pulau asmara, senantiasa mendapat cinta yang abadi.

0 comments:

Post a Comment

 
Tour and Travel Bandung © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top